Disinau

perbedaan hub dan switch beserta penjelasannya

Perbedaan Hub dan Switch yang wajib anda ketahui

Jika anda anak Teknik komputer  dan jaringan ataupun teknik informatika ataupun juga anda seorang yang berkecimpung dalam dunia jaringan mungkin tidak asing lagi dengan hub dan switch. Maka ini bukanlah hal baru lagi tentunya. Hub, Switch pada prinsipnya sama yaitu menghungkan beberapa perangkat agar dapat terhubung ke suatu jaringan. Namun kedua alat ini mempunyai perbedaan. Sebelum ke perbedaan Hub dan Switch alangkah lebih baik kita mengenal satu persatu apa itu HUB? apa itu Switch? walaupun tidak mengenal lebih dalam setidaknya kita tahu definisi hub dan switch itu apa?

Hub adalah perangkat jaringan yang mengirimkan paket kesemua port yang terhubung ke hub sehingga paket data tersebut dapat sampai ke tujuan. 
Switch adalah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi paket data yang terjadi antar komputer dalam jaringan dan dapat mengenali topologi jaringan di lebih dari satu layer sehingga paket data bisa sampai ke tujuan secara langsung.

perbedaan switch dan hub 

1. Kecepatan Transfer Data

Dari segi kecepatan transfer data switch memiliki kecepatan transfer data lebih baik jika dibandingkan dengan hub. Sehingga sekarang switch lebih banyak digunakan. Switch mampu melakukan prioritas transmisi data dar mac address atau suatu perangkat jaringan yang akan di tuju, Sehingga mamou mentransmisikan paket data lebih cepat daripada hub yang hanya dapat menyebarkan paket data ke seluruh komputer yang terhubung ke jaringannya.

2. Harga Switch dan Hub

Dari segi harganya Hub memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan switch karena kelebihan fungsi dan keamanan yang di tawarkan switch lebih bagus.

3. Sistem Transmisi

Dari segi Sistem Tramsisinya Switch mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang membutuhkan paket data tersebut, Sedangkan Hub mentransmisikan paket data ke seluruh komputer yang tersambung atau terhubung ke jaringannya.

4. Keamanan

Dari segi keamananannya Hub memiliki keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan switch. Switch memakai sistem seleksi terhadap komputer yang terhubung dengannya berupa MAC Address, Hal ini memungkinkan jika ada MAC Address yang dapat menimbulkan masalah pada jaringan bisa langsung di blok.

5. Konfigurasi

Dari segi konfigurasinya Hub tidak bisa di konfigurasi setiap perangkat yang terhubung ke jaringan, sedangkan switch  dapat di konfigurasi untuk melakukan blokir terhadap komputer atau MAC Address yang dapat mengganggu transmisi data. Switch sendiri jika dipakai pada jaringan yang kecil seperti dirumah, tidak perlu melakukan setting yang ribet, hanya perlu colok kabel LAN langsung ke switch. Untuk jaringan yang lebih besar seperti di kantor atau warnet memerlukan managed switch yang biasanya disetting dengan membuat virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dll.

6. Letak Pada Lapisan OSI Layer

Pada lapisan OSI Hub sendiri berada pada lapisan pertama yaitu phisical layer, sedangkan switch bekerja pada layer kedua yaitu data link.

7. Beban Kinerja Pada Jaringan

Dilihat dari cara kerjanya Hub memiliki beban kerja yang lebih mudah dan tidak rumit, sedangkan switch memiliki beban kerja yang lebih komplek.

Dari berbagai perbedaan antara hub dan switch yang sudah kita bahas di atas. Anda dapat bisa memilih dan memilah serta menentukan hub atau switch yang akan kita butuhkan untuk membangun sebuah jaringan. Jika kita hanya membangun jaringa dalam skala kecil ( seperti jaringan di rumah, warnet, warkop ) kita bisa menggunakan Hub, sedangkan kalau kita membangun jaringan yang skalanya lebih besar kita dapat menggunakan switch seperti jaringan di kampus , sekolah, ataupun perusahaan. Semoga informsasi ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Ini adalah artikel pertama saya. Support saya temen-temen agaar saya tetap semangat untuk menulis dan belajar bersama. semoga kita semua di lapangkan rejeki nya . AAMIIN.....

Quote " Ada Harga Ada Rupa"
Disinau
Load comments