Disinau

5 tips membuat password yang baik aman dan mudah diingat

5 tips membuat password yang baik aman dan mudah diingat

5 tips membuat password yang baik aman dan mudah diingat


Pada era digital saat ini semua perangkat terhubung satu sama lain dalam satu jaringan publik yaitu internet, Ancaman keamanan pun harus di perhatikan pada semua pengguna internet. Password adalah sebuah keamanan authentication yang wajib di terapkan pada pengguna  internet. Password biasanya digunakan pada akun sosial media kita seperti : facebook, instagram, twiter, dan sosial media lainnya, semuanya pasti menggunakan password. Kadang kita sudah memeberi password saja sosial media kita masih bisa di bajak oleh hacker yang iseng-iseng biasanya. Kalau hackernya baik mungkin akun sosial media kalian aka di kembalikan kalau hackernya memang berniat untuk mengambil akun sosial media kalian ya assyudahlah ikhaskan saja:(. karena pada prinsipnya tidak ada sistem kemananan yang aman, pasti semua sistem keamanan ada kelemahannya. Jadi kita perlu untukk membuat password yang baik, aman, dan pastinya tidak mudah di tebak oleh orang lain.
Password tidak hanya digunakan untuk akun sosial media, Password biasanya juga di guanakan untuk mengamankan ponsel kita untuk menjaga privasi kita dari teman-teman yang suka ember haha. Password sangat penting di terapkan untuk pengamanan autentikasi agar data kita terjaga. Password adalah sebuah cara yag berguna untuk memberi keamanan pada suatu sistem komputer. Sistem komputer yang dimaksud dapat berupa aplikasi, database atau juga sistem operasi.

Membuat password yang kuat dan baik sangatlah penting agar terhindar dar serangan hacke dan hal-hal yang tidak diinginkan. Artikel ini akan membantu anda semua untuk membuat password yang baik, aman, dan pastinya mudah dingat, tapi sulit di tebak oleh orang lain.

Tips membuat password yang baik dan aman :

1. Buat password yang panjang

Para hacker menggunakan berbagai cara untuk mendapat kan password kita. salah satu metode yang digunakan hacker yaitu Brute-Force-Attck aliss serangan brutal. Para hacker akan melakukan percobaan atau menebak password kita dengan menebak password yang umum dan menggunakan kombinasi password.

Maka, Semakin panjang password kita jadi semakin rumit juga hacker untuk memecahkan password kita. Panjang password minimal yaitu 8  karakter. Anda dapat membuat password yang lebih panjang lagi demi keamanan, dengan catatatan jangan sampai lupa.

2. Gunakan kombinasi Huruf, Angka, dan Karakter.

Untuk membuat password yang aman bukan hanya passwordnya aja yang panjang tapi juga diperlukan kombinasi Huruf besar, Huruf kecil, Angka, dan juga bisa di tambahkan karakter. Dengan menggunakan kombinasi tersebut maka password kita akan sulit untuk di tebak. Contoh : Ayod1sin4u**

3. Buat password yang mudah diingat ,Tapi sulit di tebak

Bagaimana caranya membuat password yang mudah diingat, Tapi sukar untuk di tebak? jawabannya kamu bisa menggunakan kejadian spesial dalam hidup kamu untuk membuat password. Dengan menggunakan moment spesial kamu maka akan teringat selalu karena itu moment spesialmu  jadi ya gak mungkin sampai lupa kecuali anda amnesia. Tapi juga harus menggunakan cara diatas dengan mengkombinasikan password yang diperoleh dari moment spesialmu dengan Hurid besar, Huruf kecil, Angka, dan karakter agar tidak mudah di tebak bahkan mesin pun sukar untuk menebaknya.

4. Jangan membuat password yang sukar diingat tapi mudah untuk di tebak

Seringkali kita membuat password yang sulit diingat, padahal sangat mudah ditebak. Contohnya adalah mengganti huruf vokal a menjadi 4, i menjadi 1, atau o menjadi 0.

Misalnya password menjadi "P4ssw0rd". Jika kamu masih menggunakan cara ini dan menggunakan kata-kata populer. Sebaiknya segera ganti password kamu.

5. Jaga kerahasiaan agar tetap aman

Ya tentunya anda harus tetap menjaga kerahasiaan password anda agar tetap aman, jangan sampai password anda di berikan ke teman kalian. Cara menjaga keamanan password mu dapat dilakukan dengan cara :
  • Hapus riwayat browser anda agar tidak di salah gunakan oleh teman anda yang jail.
  • Jangan sebarkan password anda ke temen ataupun ke sosmed
  • Jangan sampai di ucapkan ketika anda berbicara
  • Jaga kerahasiaaan

Dari  artikel diatas kita semua dapat belajar bersama untuk dapat membuat password yang baik dan aman,mudah diingat tapi tidak mudah untuk di tebak oleh orang lain bahkan mesin pun tidak dapat menebaknya. oke terima kasih telah berkunjung ke situs saya. saya mengajak kalian untuk terus belajar dan belajar serta belajar. karena kita sebagai manusia di tuntut untuk selalu belajar. seperti pepatah mengatakan " KEJARLAH ILMU SAMPAI KE NEGERI CINA". mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan kurang lebihnya saya mohon maaf, jika ada salah kata mohon disampaikan di kolom komentar.

Sampaikanlah ilmu walaupun sedikit daripada tidak sama sekali

Disinau
Load comments